Minggu, 15 April 2012

NAVICULA

Navicula adalah band grunge yang didirikan tahun 1996 di Denpasar, Bali oleh dua aktivis musik: Robi dan Dankie. Setelah melewati beberapa kali pergantian personil di tahun-tahun awal band ini dibuat, hingga terbentuklah formasi terkini yang terdiri dari: Rob (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass) dan Gembull (drum). Nama Navicula diambil dari nama sejenis ganggang emas bersel satu, berbentuk seperti kapal kecil (dalam bahasa Latin, Navicula berarti kapal kecil).

Band ini mengusung grunge sebagai warna dasar musik mereka, berpadu dengan beragam warna etnik, psychedelic, blues, alternatif, folk, progresif, dibalut rock murni. Liriknya sarat dengan pesan aktivisme dan semangat tentang Perdamaian, Cinta dan Kebebasan.

Navicula lebih dikenal aktif sebagai band indie musik, walau sempat kontrak dengan major label Sony-BMG di tahun 2004. Bersama Sony-BMG, Navicula merilis album ke-4 mereka yang berjudul, Alkemis. Namun di tahun 2007, album ke-5 mereka, Beautiful Rebel, dirilis secara independen dan band ini kembali mengobarkan semangat idealisme mereka melalui jalur indie.

Musik Navicula dipengaruhi kuat oleh alternatif rock 90-an, terutama grunge / seattle-sound dari band-band macam Soundgarden, Pearl Jam, Alice in Chains, dan Nirvana. Namun, yang membuat musik mereka menjadi sedemikian unik adalah pekatnya pengaruh budaya Bali saat ini sebagai melting-pot dunia (tempat bercampurnya beragam budaya), dan kesempatan untuk berkreasi di suatu kondisi yang sangat kontras ini.
Melalui percampuran banyak elemen, dari budaya spiritual klasik Bali, pengaruh para seniman internasional yang menetap di Bali untuk menimba inspirasi, dan modern kultur di sejumlah internasional spot yang ada di Bali, band ini memperoleh rasa asli mereka, rasa ‘golden green grunge’, rasa Navicula.


Infulence musik : grunge, alternatif, funk, blues, etnik, hardcore, metal, apa aja selain dangdut.
Visi dan Misi : Global Peace! Love! Freedom!
Alamat : Jl. Sekar Sari, Gg. VII/No. 3 Padang Galak, Sanur, Denpasar, Bali, Indonesia

Telepon : 08123619603

Email : navicula.bali@gmail.com
Homepage : http://myspace.com/naviculabali

Discography Albums :
  1. Self Protrait – 1999, Mendung Troops (Bali)
  2. K.U.T.A. (Keep Unity Through Art), 2002 – The Beat Magazin
  3. Navicore Neo Rock Club, 2003 – Navicula Music
  4. Alkemis – 2005, Sony BMG Indonesia
  5. Beautiful Rebel – 2007, Electrohell Records
  6. Salto – 2009, Zygote Records / demajors

current formation
  • Robi (vocals, guitar)
  • Dankie (guitar)
  • Made (bass)
  • Gembull (drums)

2 komentar:

harbour freight titanium welder - The TiDiArt®
Tienen Gather. Tienen Gather. Tienen schick quattro titanium Gather. Tienen Gather. Tienen Gather. citizen promaster titanium Tienen Gather. Tienen Gather. Tienen Gather. titanium nose rings Tienen Gather. Tienen Gather. Tienen buy metal online Gather. Tienen Gather. Tienen titanium watch band Gather. Tienen Gather.