Senin, 19 Maret 2012

Keane

Grup yang sering kali disebut beraliran piano rock ini pertama kali dibentuk di Battle, East Sussex in 1995 namun dengan menggunakan nama The Lotus Eaters.



Awalnya, Tim Rice-Oxley dan Dominic Scott membentuk sebuah band dan mengajak Richard Hughes untuk bergabung sebagai drummer. Tiga orang ini mengawali dengan membawakan lagu-lagu milik U2, Oasis dan The Beatles.

Tim Rice-Oxley sempat diajak Chris Martin untuk bergabung dengan Coldplay namun Tim menolak dengan alasan tak bisa meninggalkan grup band-nya.



Sekitar tahun 1997, Tom Chaplin yang adalah teman masa kecil Tim Rice-Oxley, ikut bergabung dengan band ini. Saat inilah band ini kemudian berganti nama menjadi Cherry Keane yang kemudian disingkat menjadi Keane saja.

Di akhir tahun 1999, Keane mulai mencoba merekam sebuah single berjudul Call Me What You Like yang mereka rilis dalam format CD lewat label Zoomorphic yang mereka dirikan sendiri.

Sayangnya, sebelum Keane sempat melepas album, Dominic Scott keburu mengundurkan diri lantaran ingin melanjutkan pendidikannya.

Baru sekitar tahun 2004, Keane berkesempatan untuk melepas album pertama mereka yang berjudul HOPES AND FEARS. Album ini sempat menduduki posisi pertama tangga lagu Inggris di tahun itu. Kesuksesan album ini segera disusul dengan peluncuran album kedua Keane yang berjudul UNDER THE IRON SEA di tahun 2006.

UNDER THE IRON SEA yang dilepas tahun 2006 ini juga berhasil mencapai puncak tangga jajaran lagu di tangga lagu negeri ini. Keane melepas album ketiga mereka yang berjudul PERFECT SYMMETRY di bulan Oktober 2008.Namun mereka masih sempat merilis mini album berjudul NIGHT TRAIN pada 10 Mei 2010. mereka akan merilis album baru berjudul Strangeland pada tanggal 7 Mei mendatang. Uniknya kabar resmi tersebut justru diluncurkan via video trailer di website mereka.Pada video berdurasi 2 menit 26 detik tersebut juga dijelaskan bahwa Keane telah masuk studio rekaman untuk mengerjakan album tersebut sejak bulan Januari 2011. Selain itu, Keane juga menjelaskan alasan mereka menggunakan Strangeland untuk nama album mereka.
"Album ini tampak seperti melihat ke belakang dan ke depan, semua hal yang melintas di depanmu, kamu seperti berada di strangeland (pulau asing)," ujar Richard Hughes sang penggebuk drum.
Strangeland merupakan album keempat bagi Tom Chaplin dan kawan-kawan.

0 komentar: